Fungsi dan kegunaan Noken As Racing Bagi Performance Mesin Motor

20 Jul 2016

Apa itu Nokenas?

Noken As atau disebut kem atau camshfat adalah komponen yg terdapat pada mesin 4 tak yg berfungsi untuk mengatur dan menggerakkan katup/klep (valve) dengan cara mendorongnya dengan dua tonjolan (lift).Noken As digerakkan oleh thiming chain (rantai kamprat/rantai keteng), yg menghubungkannya dengan kruk as.

Peran vital noken as dalam performa motor 4 tak terletak pada fungsinya yg mengatur kapan klep terbuka sehingga timing bahan bakar dan udara yg masuk ke head silinder tepat sesuai dengan langkah piston.

Naaah, kalau Noken As buatan nokenasracing.com adalah noken as yg sudah didesain agar mampu meningkatkan performa mesin berdasar hasil riset tim produksi nokenasracing.com yang telah berpengalaman 10 tahun menangani noken dan camshaft.

 

Bagaimana cara memasang Nokenasracing?

Cara memasang noken as racing pun juga sangat mudah. Cukup dengan menyiapkan alat-alat seperti  :

  • kunci – kunci standar seperlunya,
  • bak ukuran kecil dan sedang untuk memisahkan komponen mesin yg terpisah,
  • bensin secukupnya buat nyuci komponen mesin,
  • balok kayu penyangga mesin kalo mesin udah diturunin.

Proses nya :

  1. lakukan pembongkaran mesin secara berurutan yaitu mesin bagian kiri, mesin bagian atas, mesin bagian kanan, mesin bagian tengah,
  2. kumpulkan baut – baut dan komponen – komponen pada bak yang berbeda sesuai dengan kelompok bagian mesinnya agar pada saat pemasangan kembali tidak salah.
  3. lakukan pemeriksaan pada setiap komponen secara berurutan pula sekaligus bersihkan komponen yang diperiksa menggunakan bensin yang bersih Setelah semua selesai di bongkar, maka.
  4. catat komponen yang rusak dan pisahkan pada bak yang berbeda. Lakukan perbaikan atau penggantian part yang rusak. Pastikan semua komponen mesin bersih, karena KEBERSIHAN ADALAH FAKTOR PENTING dalam proses bongkar mesin.
  5. Lakukan proses perakitan secara berurutan pula tetapi kebalikan dari proses pembongkaran yaitu dari tengah – kanan – atas – kiri.
  6. isikan oli sebanyak 1 liter Setelah semua mesin terpasang
  7. Lakukan pemeriksaan kebocoran oli pada semua bagian blok – blok mesin. Nggak ada yang bocor! Beres dech…!