Tips merawat aki motor

23 Oct 2013

Tampaknya perkara aki memang sepele, tapi fungsinya begitu vital. Hampir semua kendaraan roda empat dan dua membutuhkan barang kecil ini. Aki atau dikenal juga dengan istilah battery merupakan suatu tempat menyimpan listrik pada mobil atau motor. Aki merupakan salah satu bagian penting dalam setiap jenis motor baik itu yang pakai gigi maupun yang matic. Aki merupakan sumber kelistrikan di motor. Diperlukan perawatan yang baik agar aki motor dapat awet dan tentunya tidak menyebabkan motor susah hidup.
Sering kita mengalami yang namanya tekor aki baik di R2/R4. Sering juga kita dengar cara ampuh mengatasi masalah tersebut. Tetapi sering juga kita mengetahui hanya beberapa saja yang berhasil mengatasinya.

Sejatinya Accu pada motor adalah sebagai penambah daya kelistrikan yang ada di kendaraan tersebut. Contoh gampangnya saat motor yang tidak menggunakan Accu, biasanya lampu [baik lampu utama ataupun lampu sein] akan redup atau bahkan mati. Malah berbahaya kan? . Accu motor saat ini ada dua jenis, yakni Accu Basah dan Accu Kering [Maintenance Free], dan untuk perlakuan dari kedua jenis Accu tersebut juga berbeda.

 

Accu Basah, perawatan untuk jenis ini bisa dibilang lebih sering jika dibandingkan dengan tipe MF. Akan tetapi jenis ini memiliki keunggulan tersendiri, misalnya harga yang relatif murah dan masa pakainya lebih lama [dengan perawatan yang rutin tentunya]. Resiko penggunaan jenis ini relatif kecil karena hampir disemua daerah [sampai ke pelosok pun] bisa dijumpai dengan mudah cairan pengisi Accu atau Strom isi ulang Accu jenis ini.

Accu Kering [Maintenance Free], dilihat dari namanya sudah terlihat jika Accu jenis ini tinggal pasang dan beres [ngaciiirrr dah...] :D , akan tetapi selain memiliki keunggulan fitur bebas perawatan jenis ini juga memiliki harga yang relatif mahal. Resiko penggunaan jenis ini kita harus siap-siap merogoh kocek dalam seumpama Accu jenis ini rusak atau mati, karena Accu jenis seperti ini tidak bisa di isi ulang dengan cara Strom Accu.

Sebenarnya gampang banget untuk bisa merawat Accu pada motor harian kita, karena setiap kendaraan kita berjalan, accu akan selalu terisi secara langsung [kelistrikan motor juga harus normal mas bro]. Beberapa cara agar Accu tidak cepat rusak :

  1. Biasakan selalu mengecek ketinggian air Accu [untuk jenis Accu Cair / Basah], jika kondisi sudah berada pada batas minimal (-) segera isi Accu dengan air Accu biasa. Ingat jangan mengisi Accu yang masih sehat dengan Air Zur [cairan Accu yang telah berisi listrik / biasanya untuk mengisi Accu baru] karena dapat merusak elemen-elemen yang ada di Accu tersebut.

  2. Bersihkan ujung / katub positif (+) dan negatif (-) untuk menghilangkan bekas kerak / timbunan kerak, yang menyebabkan berkurangnya daya Accu. Dianjurkan untuk dilakukan baik jenis Accu Basah ataupun Accu Kering (MF)

  3. Biasakan saat pagi hari saat men-starter motor jangan langsung menggunakan electric starter, karena saat kondisi mesin masih dingin daya yang dikeluarkan oleh Accu lebih besar jika dibanding dengan kondisi mesin panas.

  4. Sebaiknya tidak menggunakan aksesoris yang berlebihan contohnya klakson keong, atau lampu HID, karena konsumsinya besar.

  5. Hindari goncangan fisik yang berlebihan saat berkendara, misal sering melewati jalan yang rusak dalam kecepatan cukup tinggi. Goncangan ini akan menyebabkan sel-sel di dalam aki cepat rusak.

  6. Saat menstarter jika 1-2 kali tekan mesin tidak mau hidup, jangan biasakan ditekan terus menerus. Usahakan beri  jeda 5 detikan untuk memulainya kembali.

  7. Hindari memodifikasi aliran listrik aki. Menyambung kabel ke aki dengan cara tidak benar menyebabkan daya listrik cepat habis. Terlebih bila sistim pengisian ke accu bermasalah.

Gimana gan?semoga beberapa tips ini bisa bermanfaat buat agan-agan semua.